Refresh Property Corporate Strategy and GCG Implementation (For Director and Commisaris)

Tue, Dec 3, 2019 8:00 AM Hotel Pullman Bali

PM

 

Pendahuluan

Tantangan utama sebuah perusahaan properti kedepan adalah terkait inovasi bisnis. Dalam bisnis properti Corporate Strategy itu terlihat dari kondisi keuangan yang sehat dan ditandai dengan produk-produk properti yang memberi nilai tambah serta semakin bertambahnya proyek-proyek yang dikembangkan.

Kondisi keuangan yang sehat biasanya dilihat dari analisa laporan keuangan, perencanaan keuangan dan pengendalian keuangan. Pada perusahaan properti seringkali penjualan yang yang cepat atau lambat menimbulkan konsekuensi pada peningkatan aset dalam bentuk piutang, persediaan dan aktiva tetap yang pada gilirannya dibutuhkan dana untuk membiayai aset tersebut.

Perusahaan properti yang mampu mengelola keuangannya secara profesional akan bisa survive dan growth. Karena aspek keuangan ini sangat penting mulai dari merencanakan/mendapatkan pendanaan, melakukan optimalisasi pendapatan, melakukan konsolidasi keuangan, strategi merger/acquition, strategi IPO dan Go Public, dan aktivitas keuangan yang memberi keuntungan bagi perusahaan.

Sedangkan dari sisi pengembangan produk-produk yang memberi nilai tambah agar perusahaan bisa berkembang perusahaan perlu strategi inovasi yang dilakukan secara terus menerus. Inovasi sendiri bukanlah sesuatu yang hanya bersifat baru melainkan strategi perusahaan dalam meng-konseptualisasikan penyelesaian masalah dengan cara lebih kreatif dan ada nilai tambah. Inovasi bisa dilmulai dari hal yang paling sederhana misalnya dengan mendengarkan aspirasi atau keluhan konsumen, karyawan, lingkungan.

Ada penelitian menyebutkan bahwa semakin tidak pasti kondisi lingkungan eksternal (market) semakin diperlukan inovasi yang tinggi. Perubahan lingkungan eksternal ini tentunya akan berpengaruh terhadap cara perusahaan beradaptasi. Perubahan yang dimaksud terkait dengan kondisi market yang belum menentu, tingkat penjualan dan pendapatan perusahaan belum sesuai target. Juga menyangkut persaingan yang semakin ketat.

Dalam hal ini perusahaan perlu melakukan perumusan strategi inovasi dalam menghadapi perubahan. Strategi inovasi ini mencakup konsep inovasi bisnis, konsep inovasi penjualan, konsep inovasi pelayanan konsumen, konsep inovasi delivery system. Semua konsep inovasi itu harus didukung oleh kapabilitas organisasi, sumber daya manusia dan teknologi.

Dari paparan dimuka, maka diperlukan forum sharing bertukar informasi dan ide terkait bagaimana perusahaan bisa inovatif dan tumbuh berkelanjutan dimasa mendatang.

BENEFITS
  • Peserta dapat memahami pelaksanaan tugas dan fungsi direktur dan komisaris dalam hal pengembangan strategi inovasi dan suistanable growth bagi perusaaan dimasa-masa mendatang.
  • Peserta mendapatkan pengetahuan teknis terkait pemahaman mengukur perusahaan dengan suistanable growth rate dimana metode ini mampu melihat sejauh mana kondisi sehat atau tidaknya perusahaan sekaligus mencari alternatif strategi utk mewujudkan perusahaan yang lebih baik.
  • Peserta mendapatkan pemahaman dan sharing experiences dari para pimpinan perusahaan lainnya terkait strategi inovasi dan suistanable growth yang pernah dilakukan dan harapannya tidak ada hal-hal yang salah diulangi.
Siapa Yang Hadir
  • Owner Perusahaan Anggota REI
  • Komisaris dan Direksi Perusahaan Properti BUMN
  • Komisaris dan Direksi Perusahaan Karya/Konstruksi BUMN
  • Komisaris dan Direksi Perusahaan Properti Swasta Nasional
  • Komisaris dan Direksi Kontraktor Nasional
  • Investor

SYLABUS ACARA

Materi Outline Materi Target yang Ingin Dicapai
“Corporate Strategy and GCG Implementation By Rhenald Kasali ”
  • Refresh visi direktur dan komisaris dalam hal pengembangan strategi bisnis di era disrupsi
  • Alternatif strategi inovasi dan suistanable growth utk mewujudkan perusahaan yang lebih baik
  • New action plan strategi bisnis perusahaan properti di era disrupsi

Get Free E-Book