Newsletter


Kumpulan Artikel Seputar Dunia Property

1. Kesalahan dalam proses Studi Kelayakan Dalam proses pembuatan dan analisis studi kelayakan tentunya perlu memperhatikan aspek-aspek secara menyeluruh/komprehensif yang akan di proyeksikan ke depan baik pada tahap pelaksanaan/konstruksi maupaun pasca konstruksi dimana berdampak langsung terhadap daerah di sekitarnya baik dari segi pemanfaatan, perawatan, sosial, ekonomi, lingkungan dan peraturan yang berlaku.

2. Kesalahan dalam Perencanaan & Perancangan Kesalahan perencanaan dan perancangan merupakan faktor yang sangat penting dan vital dimana sangat berpengaruh terhadap desain konstruksi yang akan dilaksanakan dilapangan, jika dalam aspek perencanaan dan perancangan pihak konsultan salah memperhitungkan atau menganalisis maka konsekuensi dan dampak yang dapat ditimbulkan ke depan akan sangat signifikan berpengaruh terhadap kegagalan fisik bangunan.

3. Kesalahan dalam Pelaksanaan Kesalahan pelaksanaan merupakan tindak lanjut dari proses perencanaan kontruksi, dimana dalam tahap pelaksanaan juga memegang peranan penting terhadap kegagalan kontruksi yang tentunya lebih berorientasi kepada pihak pelaksana proyek/kontraktor.

4. Kesalahan Operasional Dalam hal ini lebih berorientasi kepada pihak pemilik proyek konstruksi dalam tahap penggunaan dan operasional dari produk konstruksi tersebut, dimana jika pihak pemilik melakukan kesalahan dalam hal merubah dari fungsi awalnya maka dapat berpotensi menimbulkan terjadinya kegagalan konstruksi

5. Maintenance Jika tingkat frekuensi perawatan tidak dilakukan secara rutin dan berkala maka dapat juga berpotensi terhadap meningkatnya risiko kegagalan bangunan.

6. Usia/ Umur Bangunan hal ini diakibatkan karena tingkat kekuatan bangunan mengalami penurunan selama umurnya serta kelelahan/fatique yang terus-menerus selama umur bangunan tersebut.

7. Disaster/ Bencana faktor ini merupakan faktor diluar dugaan dan kemampuan manusia yang sulit untuk diprediksi secara tepat (Act of God), faktor bencana merupakan faktor yang sangat fatal terhadap kegagalan konstruksi.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat reinco strategic

Setelah pada artikel sebelumnya REINCO Strategic membahas seputar faktor - faktor kegagalan dalam project management bangunan tinggi, kali ini Reinco Strategic akan memebahas faktor - faktor apa saja yang membuat suatu project management di katakan berhasil. setidaknya ada 2 faktor. Mari kita simak penjelasan lengkapnya.

1. Pemilihan Tempat

Hal ini yang menjadi pekerjaan utama bagi developer ataupun perencana dimana mencoba mencari lokasi yang sesuai bagi proyek yang akan di bangun dengan cara mneyeleksi sejumlah lokasi dan tempat . ada beberapa kriteria paling utama dalam pemilihan lokasi atau tempat diantaranya.

(A). Hukum dan lingkungan

(B). Sarana

(C). Faktor Teknis

(D). Lokasi

(E).Estetika

(F). Masyarakat

(G). Biaya

2. Menentukan Kelayakan Proyek

Apabila developer telah menemukan tempat yang akan dibangun, maka selanjutnya adalah melakukan pengamatan lebih dalam tentang kelayakan akan proyek tersebut. Maksudnya adalah apakah proyek yang diusulkan itu memungkinkan dilihat dari sudut teknis, pemasaran maupun ekonomi. Hal pengamatan secara mendalam tersebut meliputi :

A. Pendekatan terhadap para pemuka masyarakat, Developer dan pejabat. Hal tersebut untuk melihat apakah rencana pembangunan tersebut dapat mereka terima. Hal ini yang terkadang lalai untuk dilakukan.

B. Memperhitungkan pemecahan masalah teknis yang berkaitan dengan tempat, salah satunya adalah pengujian atas tanah.

C. Membuat analisis pasar secara seksama, termasuk anaisis demografi. Dapat pula dilakukan survei terhadap pasar.

D. Memilih arsitek yang akan menggambarkan beberapa alternatif desain.

E. Membuat proyeksi ekonomi untuk berbagai alternatif desain. hal ini adalah perkiraan dari keseluruhan biaya pembangunan yang juga termasuk biaya konstruksi, serta pemasukan serta pengeluaran ketika proyek telah selesai (Cash Flow).

Beberapa hal tersebut diatas adalah faktor - faktor yang harus diperhatikan dalam memulai suatu pembangunan real estate ataupun suatu produk properti agar tercapai suatu keberhasilan.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat reinco strategic

1. Pembangunan cepat, kualitas bagus dan harga murah.

2. Suasana kerja yang menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai antara sesama rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.

3. Para Manager dalam manajemen proyek dapat bertindak sebagai pemimpin.

4. Terpenuhinya hak-hak dan tanggung jawab karyawan dengan baik.

Sebuah manajemen proyek yang baik akan dapat menyelesaikan pembangunan proyek dalam waktu yang cepat kurang dari jadwal secara kontrak atau maksimal tidak mengalami keterlambatan, selain itu pengendalian biaya juga harus dilakukan dengan baik sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal, ditambah lagi kualitas bangunan yang bagus juga menjadi kunci utama manajemen proyek karena hal ini juga bisa menjadi kegiatan pemasaran untuk kedepanya sehingga mudah dalam mendapatkan proyek bangunan yang siap untuk dikerjakan. (referensi : ilmusipilcom)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat reinco strategic

Akan menjadi pengusaha properti yang memiliki pandangan lebih maju sekaligus memiliki bekal bisnis yang cukup untuk terjun menjalankan proyek dengan benar.

Get Free E-Book